1. Walang Utis Goreng Gurih Maknyusss

Hallo Bunda, Ini nih….. sang suami pengen walang goreng. Sedangkan yg bunting siapa? yg ngidam siapa? hihihi. Nang suka walang goreng, mari baca pakai resep rahasia dari aku yaaa Bund, pastinya sederhana dan gampang. Langkah-langkah Pengolahan Belalang Goreng Bekasi

Bahan utama & bumbu2 utk membikin Walang Goreng Gurih Maknyusss

  • dua ratus gram Walang (belalang),
  • Minyak goreng seperlunya,
  • Uyah sesuai selera,
  • Penyedap rasa sesuai selera,

Cara untuk bikin Walang Goreng Gurih Maknyusss

  1. Bersihkan belalang padi dengan langkah merendamnya dulu dengan air panas kemudian cuci bersih belalang & tiriskan.
  2. Panaskan minyak goreng sepasnya. Setelah panas, goreng belalang utis ke dalam minyak panas.
  3. Goreng belalang padi hingga benar benar mateng. Angkat seterusnya tiriskan. Setelah didinginkan, masukkan walang padi goreng ke dalam toples.
  4. Taburkan penyedap rasa serta garam sesuai yang di inginkan, lalu campurkan sampai merata.
  5. This is it, Walang sawah goreng maknyusss siap disajikan dan ready untuk dimakan. Langkah-langkah Pengolahan Belalang Goreng Bekasi

2. Bumbu Serta Jalan Utk Buat Belalang Kayu Goreng Nang Lezat Serta Krispi.

Berjibun nang berucap belalang goreng yaitu kudapan extrem, tetapi utk saya kudapan ini wajar saja. Belalang goreng ini salah satu santapan spesial berasal dari kabupaten gunungkidul Jogjakarta, jadi kalau bertepatan maen ke Gunung Kidul yogya nang kondang keindahan pesisir lautnya, jangan lupa utk belanja buah tangan belalang goreng ya teman. Tapi memang saat ini di daerah lain di jawa juga sudah berlipat-lipat yang mengolah walang sebagai lauk pauk / dijajakan sih. Utk nan belum pernah icip icip walang goreng itu rasanya lezat mirip urang namun lebih renyah, jadi jika anda alergi protein tinggi masakan laut kayak udang, kemungkinan kamu akan pun alergi akan walang goreng. Lazimnya wisatawan sekali mencicip langsung tergila gila, untuk yg gemar sih, lamun tak sedikit juga nang ngga berani mencicip lantaran jijik hehehe… Walang goreng lazim di camil buat lauk pauk makan atau sebagai kudapan sambil minum teh.

Bahan-bahan & Bumbu bumbu Buat Mengolah Belalang Kayu Goreng Nang Lezat Dan Krispi.

  • 1 kg walang Kayu Segar (lebih baik nan masih hidup),
  • setengah tangkup gula merah,
  • empat butir bawang putih,
  • 4 bh bawang merah,
  • 3 lbr daun salam,
  • dua ruas jahe,
  • 2 ruas serai,
  • satu sendok makan garam,
  • 1 sendok teh merica,
  • 1 sendok teh gula pasir,
  • 1,5 ltr air bersih,
  • Minyak untuk goreng walang seperlunya.

Jalan Untuk Memasak Walang Kayu Goreng Yang Gurih Serta Renyah

  1. Bersihkan walang dengan teknik di siram dengan air panas. Biarkan hangat lalu bersihkan bulu, isi perut serta kaki belalang. Selanjutnya Mencuci bersih lalu tiriskan.
  2. 2. Siapkan bumbunya. Lembutkan di cobek bahan berikut ini bawang putih, bawang merah, merica dan uyah.
  3. Rebus satu setengah liter air bersih. Kasih geprekan serai, jahe & daun salam, biarkan harum lalu masukkan bumbu halus, gula jawa serta gula pasir biar mantap.
  4. Selesai air matang, masukkan walang seterusnya tutup panci. Rebus sampai matang dan air menyusut.
  5. Selepas air berkurang, koreksi rasanya. Belalang akan berubah rona jadi lebih merah / berwarnah orange. Sesudah itu tiriskan belalang.
  6. Tiriskan serta biarkan uap panas hilang. Panaskan minyak diwajan, jumlahnya sedang aja. Kemudian goreng belalang sampai dengan kering dengan api kecil saja dan ada kalanya di dibolak balik. Belalang matang & bisa di angkat bila ketika di aduk aduk terasa krisik krisik garing.
  7. Tirisakan minyak pada walang. Simpan pada toples kedap udara supaya konsisten aman kekeringannya.

 

https://youtu.be/7UsVjwqSvAQ

Video tentang belalang goreng

 

3. Resep & Cara Buat Walang Sawah Goreng Nan Gurih Serta maknyuss

Ini ialah kuliner daerah pedesaan nan nyarinya susah payah di perkebunan pada saat gelap malam. Rasanya nang enak, gurih mirip udang, mirip mirip lah namun ini utk yang tidak punya penyakit alergi yah, persoalanya sekiranya yg alergi, sekali icip icip belalang secepatnya deh kulit jadi bengkak bengkak & gatal. Langkah-langkah Pengolahan Belalang Goreng Bekasi

Bahan Baku & Bumbu Buat Mengolah Belalang Padi goreng nang gurih Dan nikmat

  • dua ratus gr belalang sawah,
  • 5 siung bawang putih,
  • satu sendok teh uyah,
  • 1 sendok teh penyedap rasa,
  • lada bubuk sesuai selera,

Langkah utk buat belalang Utis goreng nan sedap serta enak

1. Guyur menggunakan air panas dan bersihkan dulu belalang sawahnya.
2. Mencuci serta bilas sampai bersih belalangnya.
3. Haluskan bumbu lantas campur dengan belalang.
4. Seterusnya goreng walang memakai api kecil sampai garing, goreng belalangnya rada lama ya…. agar mateng merata & krispy.
5. Taraaaa this is it, akhirnya belalang matang & ready utk dicamil Kruncy kriuk kriuk.

4. Belalang Goreng Sambel Kemangi

 

Bahan Bahan Dan Bumbu Buat Mengolah Belalang Goreng Sambal Kemangi

  • delapan pcs belalang kayu,
  • 5 pcs cabe rawit,
  • 2 siung bawang merah,
  • dua siung bawang putih,
  • satu butir tomat,
  • seikat daun kemangi,
  • gula seperlunya saja,
  • garam sesuai yang dimau.

Cara buat buat Walang Goreng Sambal Kemangi yakni dibawah ini :

1. Bersihkan belalang dari kaki loncat, sayapnya & kotoran di dalam perutnya. Lantas cuci walang sampai benar-benar bersih.
2. dan goreng belalang hingga berubah warna kecoklatan.
3. Goreng tomat, cabe, bawang merah dan bawang putih tambahkan minyak goreng dikit.
4. Setelah bumbu goreng selesai digoreng, lalu ulek seterusnya tambahkan gula, garam serta daun kemangi.
6. Masukkan sambel nang telah selesai dihaluskan pada piring, selanjutnya taruh walang goreng diatas sambal. Tambahkan potongan tomat serta daun kemangi untuk pemanis.
5. This is it, walang goreng sambal daun kemangi ready untuk disantap.

5. Walang Kayu Goreng Bumbu Bacem

Salah satu camilan dari unik dari kabupaten gunungkiul, harganya cukup mahal lho ya, waktu ini satu toples walang kayu goreng harganya sekitar Rp.50.000 dan seandainya membeli walang kayu hidup satu ekornya dengan harga Rp.1000 wowwww. Langkah-langkah Pengolahan Belalang Goreng Bekasi

Bahan Baku Walang Goreng Bumbu Bacem

  • walang segar kurang lebih (30 ekor).

Bumbu-bumbu buat bikin Walang goreng bumbu bacem :

  • dua siung bawang merah,
  • 2 siung bawang putih,
  • setengah sendok teh tumbar,
  • 1/2 sdt lada bubuk,
  • 1/4 tangkep gula jawa
  • garam sesuai yang dimau
    kaldu bubuk (jika diperlukan)
  • daun salam, lengkuas dan daun jeruk seperlunya

Langkah utk mengolah Walang goreng bumbu bacem yakni sebagai berikut ini :

  1. Bersihkan belalang Kayu dengan cara menghilangkan kotorannya, membuang sayapnya dan menghilangkan kakinya kalau diperlukan.
  2. Guyur walang dengan air panas.
  3.  Haluskan bumbu-bumbu berikut ini (bawang merah, bawang putih, tumbar, lada, uyah).
  4. Goreng semua bumbu-bumbu, selepas matang dan masukkan sedikit air. Rebus sampai agak kental. Masukkan belalang, lebih jauh memasak sampai dengan benar-benar matang.
  5. Berikut Goreng walang menggunakan minyak lumayan banyak menggunakan api kecil >>> sampai belalang kering.

6. Kuliner Ekstrim Walang Kayu Goreng

Bahan baku & bumbu bumbu guna bikin Kuliner extreme Walang Goreng

  • 250 gram belalang,
  • 3 siung bawang putih,
  • empat siung bawang Merah,
  • satu sdm Gula pasir,
  • penyedap rasa sesuai dengan keinginan,
  • 1 sendok makan garam,

Kiat buat mengolah Kuliner Ekstrim Belalang Goreng

  1. Bersihkan dulu walang, Tarik kepala belalang sampai dengan putus guna membersihkan kotoran yg terdapat pada perut belalang supaya tertarik keluar semua & bersih.
  2. Gunting Sayap dan bulu belalang di punggung biar bersih.
  3. Sehabis itu, Mencuci belalang dengan pakai air bersih sampai benar-benar Bersih,
  4. Siapkan tempat, masukan belalang serta bumbu bumbu lain yg sudah dihaluskan, tambahkan air sampai belalang terendam, Selepas itu Goreng walang masak dalam waktu tiga puluh menit.
  5. Sesudah benar-benar matang, angkat & tiriskan. Catatan, Goreng belalang memakai banyak minyak sampai garing rata dan memakai api kecil saja. Angkat tiriskan & sajikan walang goreng ready santap.

7. Walang Kayu Goreng Pedas, Gurih Dan Kriukkk

Mengerti dengan binatang walang nggak? kata Walang itu dalam sebutan jawa, jikalau bahasa Indonesia disebut belalang. Belalang tuh ya sebenarnya adalah hama pada tumbuhan, tapi ada banyak wilayah di Indonesia yang menggunakan guna pilihan lain lauk sehari hari dan utk mata pencaharian. Salah satunya di wilayah Blora, kebenaran di wilayah sini banyak terdapat tanaman jati. Mana tahu disana walang mampu berkembang biak. Kenal enggak? sesungguhnya walang ini bejibun ada kandungan gizi, ada kandungan proteinnya nan cukup tinggi.
Kecuali itu, rasanya ternyata cukup gurih, lezat, intinya enak, rasanya lain dari nan lain. Kebenaran pas saya hadir ke kota Blora & belanja ke pasar ada pedagang nan menawari walang segar. Walang mentah itu ditaruh di dalam tempat bekas air mineral kemasan nang besar. Kebetulan suami memang doyan, melainkan belum pernah mengolahnya sendiri. Nah kemudian menjajal deh aku mengolah sendiri. Cocok buat kuliner di sore hari. Selamat mencoba ya. Langkah-langkah Pengolahan Belalang Goreng Bekasi

Bahan baku & bumbu bumbu Guna mamasak Belalang Kayu Goreng Pedas, Gurih Dan Kriuk

  • lima ratus gram walang segar, dihilangkan sayap & kotorannya, selanjutnya cuci hingga bersih,
  • seperempat liter minyak goreng,
  • lima siung bawang putih,
  • 1 sendok teh merica,
  • 1 sendok makan garam,
  • satu sendok teh penyedap rasa,
  • 3 buah cabai besar,
  • 3 bh cabe rawit,
  • 1 bks royco,

Metode buat membikin Belalang Kayu Goreng Pedas, Gurih & Kriuk

  1. Walang disiram dengan mendidih seterusnya dicuci bersih, hilangkan sayap & kotoran dan dicuci kembali hingga bersih, tiriskan.
  2. Uleg bumbu hingga lembut.
  3. Panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan, masukkan bumbu halus, sangrai hingga matang, seterusnya tambahkan air, memasak sampai dengan bumbu betul betul matang.
  4. Masukkan belalang yg telah bersih serta tiris ke dalam olahan bumbu, biarkan sampai bumbu masuk, berikut matikan kompor.
  5. Angkat walang dari penggorengan lalu tiriskan.
  6. Panaskan minyak goreng dengan jumlah banyak ke dalam wajan.
  7. Selanjutnya Goreng walang, masukkan belalang nang telah dibumbui, goreng hingga garing.
  8. Selepas itu pindahkan dan tiriskan.
  9. Walang Kayu goreng ready disajikan dengan tambahan royco.
  10. Dapat dijadikan nyamikan / disantap utk lauk memakai nasi hangat.
  11. Hhhmmmm yummy… selamat mencoba ya Bunda.

8. Walang Utis Goreng Gurih

Bahan baku dan bumbu Untuk buat Walang Sawah Goreng Gurih

  • dua ratus gram belalang hidup,
  • 5 siung bawang putih,
  • 1 sdm uyah,
  • 1 sdm tumbar,
  • Minyak goreng (untuk walang),
  • satu gelas air bersih,

Cara utk mengolah walang Utis Goreng Gurih

  1. Siram walang yg masih hidup memakai air mendidih & biarkan beberapa menit sampai semua belalang mati, lebih jauh tiriskan.
  2. Lembutkan bawang putih, garam, tumbar.
  3. Balurkan bumbu nan telah dihaluskan ke walang serta beri satu gelas air bersih.
  4. Rebus bumbu serta belalang sekitar setengah jam / sampai air menyusut.
  5. Goreng belalang sampai dengan kering.
  6. Belalang goreng ready buat dijadikan lauk pauk / snack!

9. Belalang Padi Goreng Kriuk, Pedas & Manis

Bahan-bahan & bumbu bumbu Utk bikin Belalang goreng kriuk, pedas serta manis

  • satu mangkok walang mentah,
  • lombok rawit sesuai dengan keinginan,
  • 3 siung Bawang merah,
  • satu siung bawang putih,
  • dua bh tumbar,
  • Garam sepasnya,
  • 1 butir asam jawa apabila enggak ada, dapat di ganti dengan tomat,
  • Gula merah secukupnya,
  • Minyak goreng seperlunya buat menumis,

Metode untuk buat belalang kriuk, pedas dan manis

Pertama, siapkan\persiapkan walang buang kakinya, cuci bersih kemudian tiriskan.

  1. Siapkan ulegan lantas campur semua bahan, bawang merah, bawang putih, garam, ketumbar & cabe rawit. Ulek hingga lembut, sesudah itu tambahkan irisan tomat kurng lebih sebelah saja dari 1 bh tomat yang dibelah dua,
  2. Gula merah potong kecil biar gampang bercampur sewaktu di olah.
  3. Persiapkan wajan pada kompor dengan memakai api sedang, tuang minyak secukupnya, tambahkan bumbu yg telah di uleg tadi, di atas kompor memakai api kecil, sambil di dicampur, tambahkan penyedap rasa & juga gula merah.
    Aduk” hingga matang, kemudian tinggal coba rasanya.
  4. Selesai.

Pembelian Belalang Goreng bisa ke no Whatsapp : 087883014334

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *